Rabu, 20 Juni 2012

Botol : BANDOENGSCHE MELK CENTRALE ( BMC )


Bandoengsche Melk Centrale (BMC), salah satu bagian dari kota Bandung tempo dulu yang mampu bertahan dan berkembang hingga kini. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini bermula sebagai pusat susu Bandung. BMC berdiri di akhir tahun 1928. Sebagai badan koperasi, BMC beranggotakan para peternak sapi perah dan pengusaha susu di Bandung dan sekitarnya. BMC adalah koperasi susu pertama yang menerapkan manajemen modern dan peralatan pabrik pengolahan susu berteknologi tinggi di zamannya. Sejak berdiri, BMC adalah satu-satunya koperasi pusat pengolahan susu dan termodern di Hindia Belanda, karena sudah melakukan pengolahan susu dengan sistem pasteurisasi.Pada tahun 1938 terdapat 22 usaha pemerahan susu dengan produksi 13.000 liter susu per hari. Semua hasil produksi susu tersebut ditampung oleh Bandoengsche Melk Centrale untuk diolah (dipasteurisasi dan dikemas) sebelum disalurkan kepada para pelanggan di dalam maupun luar kota Bandung.


“Vergeet U niet, dat er in geheel Nederlandsch Oost-Indie slechst een Melk centrale is, en dat is de Bandoengsche Melkcentrale !”
(“Anda jangan lupa, bahwa di seluruh Hindia Belanda ini hanya ada satu Pusat Pengolahan Susu, dan itu adalah Bandoengsche Melk Centrale!”


 TERJUAL
Bpk Dj, Jakarta. Trmksh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...